Pendahuluan

star

Teknologi informasi memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang proses bisnis sebuah perusahaan, termasuk usaha kecil dan menengah. Pada perusahaan-perusahaan besar penerapan Teknologi informasi telah banyak dilakukan dalam mendukung kemajuan bisnisnya. Namun bagi Usaha Kecil Menengah penggunaan Teknologi Informasi ternyata belum dalam proses bisnis masih cukup rendah.

Jika dilihat dari sisi manfaat Teknologi Informasi akan memberikan dampak positif bagi UKMdiantaranya peningkatan akses kepada pasar, informasi, efisiensi produksi dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan Teknologi oleh UKM akan mendatangkan peluang-peluang usaha baru.
Kurangnya pemahaman peran strategis yang dapat dimainkan oleh TI terkait dengan pendekatan baru pemasaran, berinteraksi dengan konsumen, dan bahkan pengembangan produk dan layanan diduga sebagai sebab rendahnya adopsi TI oleh UKM di Indonesia. Berdasar survei yang dilakukan terhadap UKM di indonesia, alasan UKM yang belum menggunakan komputer adalah karena tidak merasa butuh (82,2%), dukungan finansial yang terbatas (41,1%), dan karena tidak memiliki keahlian untuk menggunakan (4,1%).
star

0 comments:

Post a Comment